Sosialisasi Bimtek IKM
Dr. Hj. Amiroh Ambarwati, S.pd.MA
Karakteristik Kur Mer daripada kurikulum sebelumnya
1. Lebih sederhana dan mndalam
Fokus pada materi yg esensial dan pengembangan kompetensi pesdik pd fasenya
Belajar lebih mndalam dan bermakna, tdk buru buru dan menyenangkan.
2. Lebih fleksibel dan merdeka
Melalui Assesmen , analisis karakteristik,
Mmpunyai Dokumen KOM
*Perlu identifikasi
* Merancang / mendesain
Kamad : mengelola lembaga
Guru : mengelola kelas
3. Lebih relevan da
Perbedaan lebih ke aktifitas dengan Projek
KD di ganti CP
Mmbedakan CP dan KI KD
KD :
CP : bermula dr KD hanya kalo KD lingkupnya sdh di kotak kotak
CP sdh di lebur. Rumusan CP semakin komplit. Terintegrasi mapel
CP hrs di jabar kan Mjd TP ( tujuan pembelajaran)
Setara dg KD
Perhitungan dlm kurikulum dlm 1 th, intra dan project,
(180 jp) dlm setahun, jp project tdk mengurangi namun di tambah

Masih JP intra , msh di tambah project 20%
Sesuaikan kebutuhan siswa.
Dalam 2 jam terahir setiap hari dapat di gunakan project,
Boleh 1 minggu full u project, tdk ada intra dlm seminggu.

Nilai nilai madrasah sbg dasar pengembangan kurikulum operasional
madrasah (KOM)

*Capaian Pembelajaran Mapel
-Rasionalisasi
-
- jenis elemen
- CP untuk umum untuk 1 fase
Dan yg akan di kembangkan bukan fase, namun di pecah dr elemen
*Komponen CP ini
Lingkup materi
Kompetensi
Membagi TP setelah asesmen awal.
Penerimaan siswa baru, lakukan asesmen awal muncul profiling,
Kls 4 dr kls 3 nya .
Setiap mo masuk TP baru lakukan asesmen
Membaca pd mapel mtk dan mapel b indonesia berbeda
CP harus 1 fase
* Teknik perumusan tujuan pembelajaran
1. Merumus TP secara langsung melslui CP
2. Merumuskan TP dengan menganalisis kompetensi dan lingkup materi
3. Menggabungkan 2 elemen dan mmbuat TP bersama sana ato

Contoh no2
Dokumen ATP itu nama lainya Silabus
RPP nama lain adalah Modul ajar yg berbeda

adalah komponenya


Komponen inti
KKTP : kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran)
(Setara dg indikator)

KKTP
Nilai dalam 5 materi fikih
1. 10
2. 15
3. 20
4. 25
5. 30
~>100
Standar :75
Nilai max :100
Kriteria ketuntasan : 75-100
Tema P5 PPRA di MI
1. Hidup berkelanjutan
- pemanfaatan sampah
- go green
2. Bhineka tunggal ika
-isu isu keberagaman indonesia
3. Kearifan lokal
4. Bangun jiwa raga
5. Demokrasi pancasila
6. Rekayasa dan berteknologi untuk mmbangun NKRI
7. Kewirausahaan
8. Keberkerjaan
Madrasaha mmberikan Guru SK koordinator, fadilitator, project
Profil pelajar pancasila
Yg dikembangkan
1. Beriman, bertaqwa, akhlaq mulia
2. Kebhinekaan global
3. Mandiri
Komentar
Posting Komentar