Sosialisasi Bimtek IKM

 Dr. Hj. Amiroh Ambarwati, S.pd.MA


Karakteristik Kur Mer daripada  kurikulum sebelumnya 

1. Lebih sederhana dan mndalam 

Fokus pada materi yg esensial dan pengembangan kompetensi pesdik pd fasenya 

Belajar lebih mndalam dan bermakna, tdk buru buru dan menyenangkan.

2. Lebih fleksibel dan merdeka

Melalui Assesmen , analisis karakteristik, 

Mmpunyai Dokumen KOM

*Perlu  identifikasi

* Merancang / mendesain 

Kamad : mengelola lembaga

Guru : mengelola kelas

3. Lebih relevan da


Perbedaan lebih ke aktifitas dengan Projek 

KD di ganti CP 

Mmbedakan CP dan KI KD 

KD : 

CP : bermula dr KD hanya kalo KD lingkupnya sdh di kotak kotak

CP sdh di lebur. Rumusan CP semakin komplit. Terintegrasi mapel 

CP hrs di jabar kan Mjd TP ( tujuan pembelajaran) 

Setara dg KD 

Perhitungan dlm kurikulum dlm 1 th, intra dan project, 

(180 jp)  dlm setahun, jp project tdk mengurangi namun di tambah

Masih JP intra , msh di tambah project 20% 

Sesuaikan kebutuhan siswa.

Dalam 2 jam terahir setiap hari dapat di gunakan project, 

Boleh 1 minggu full u project, tdk ada intra dlm seminggu.

Nilai nilai madrasah sbg dasar pengembangan kurikulum operasional


 madrasah (KOM)


*Capaian Pembelajaran Mapel

-Rasionalisasi

-

- jenis elemen 

- CP untuk umum untuk 1 fase

Dan yg akan di kembangkan bukan fase, namun di pecah dr elemen

*Komponen CP ini

Lingkup materi

Kompetensi

Membagi TP setelah asesmen awal. 

Penerimaan siswa baru, lakukan asesmen awal muncul profiling, 

Kls 4 dr kls 3 nya .

Setiap mo masuk TP baru lakukan asesmen 


Membaca pd mapel mtk dan mapel b indonesia berbeda 

CP harus 1 fase

* Teknik perumusan  tujuan pembelajaran

1. Merumus TP secara langsung melslui CP

2. Merumuskan TP dengan menganalisis kompetensi dan lingkup materi 


3. Menggabungkan 2 elemen dan mmbuat TP bersama sana ato 

 Contoh no2

Dokumen ATP itu nama lainya Silabus 

RPP nama lain adalah Modul ajar yg berbeda

 adalah komponenya 





Komponen inti

KKTP : kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran)

(Setara dg indikator)

KKTP

Nilai dalam  5 materi fikih

1. 10

2. 15

3. 20

4. 25

5. 30

~>100

Standar :75

Nilai max :100

Kriteria ketuntasan : 75-100

Tema P5 PPRA di MI

1. Hidup berkelanjutan

- pemanfaatan sampah

- go green

2. Bhineka tunggal ika

-isu isu keberagaman indonesia

3. Kearifan lokal 

4. Bangun jiwa raga

5. Demokrasi pancasila

6. Rekayasa dan berteknologi untuk mmbangun NKRI

7. Kewirausahaan

8. Keberkerjaan



Madrasaha mmberikan Guru  SK koordinator, fadilitator, project


Profil pelajar pancasila 

Yg dikembangkan

1. Beriman, bertaqwa, akhlaq mulia

2. Kebhinekaan global

3. Mandiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lanjutan Paredi

Studi Tiru PKK Kecamatan Jekulo di TP PKK Milenial Tempuran Magelang

Pencegahan Kekerasan pada Perempuan